Selasa, 06 April 2010

Seksi PRL Melakukan Kegiatan Pengendalian Rodent di Pelabuhan Pontianak













Untuk memenuhi ketentuan dalam International Health Regulation Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak, melalui seksi Pengendalian Risiko Lingkungan terus berusaha agar daerah pelabuhan terbebas dari infestasi tikus, dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga area pelabuhan dan lingkungan sekitarnya terbebas dari berbagai gangguan yang diakibatkan oleh tikus, terutama permasalahan di bidang kesehatan yang dapat menjadi perhatian dunia PHEIC seperti penyakit pes (penyakit karantina) dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bacterial, virus, spirochaeta dan cacing yang dibawa rodent.
Dalam pelaksanaan pengendalian tikus, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak melibatkan peran serta masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan sekitar pelabuhan (Buffer Area). Kegiatan Pengendalian tikus dilakukan pada dua wilayah yaitu wilayah perimeter dan wilayah buffer.
Fokus kegiatan tersebut adalah untuk mengidentifikasi jenis tikus dan menghitung Index Pinjal serta mengidentifikasi jenis pinjal (bila ditemukan pinjal). Dari kegiatan pengendalian tikus yang dilakukan pada tanggal 1-5 April 2010 selama 5 hari di pasang perangkap sebanyak 1500 perangkap, yang terdiri dari wilayah perimeter sebanyak 500 perangkap dan wilayah buffer sebanyak 1000 perangkap. Adapun hasil yang didapat adalah sebanyak 179 ekor. Berdasarkan hasil identifikasi diketahui jenis-jenis tikus yang tertangkap antara lain Ratus Diardi 28 ekor (15,6%), Ratus Norvegicus 15 ekor (8,4%), Mus Mus Culus 3 ekor (1,7%) dan Sincus Murinus 133 ekor (74,3%) dengan index pinjal 0. Bila Index Pinjal lebih dari 1 perlu dilakukan pemberantasan karena kemungkinan adanya infestasi penyakit pes di wilayah pelabuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar