Senin, 25 Oktober 2010

PENGAWASAN KUALITAS AIR BERSIH, MAKANAN DAN LIMBAH DI PELABUHAN PONTIANAK





Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia. Makanan yang dikonsumsi oleh manusia harus mengandung gizi yang seimbang, aman dari racun dan bahan kimia berbahaya serta bersih. Makanan dan minuman yang digunakan harus memenuhi persyaratan kesehatan sesuai dengan Undang-undang RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Kegiatan pengamanan makanan, minuman serta pengawasan limbah merupakan salah satu tugas pokok dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak sesuai dengan Kepmenkes nomor 356 tahun 2008.

Kegiatan pengamanan makanan dan minuman bertujuan untuk mengetahui dan menjaga makanan minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat tetap aman, hygiene, bersih dan sehat, sehingga tidak menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti keracunan makanan atau penyakit bawaan makanan. Bahan pencemar tersebut bisa bakteri, virus, parasit, cacing, zat kimia dan bahan pencemar alami. Pada umumnya gejala klinis penyakit bawaan makanan adalah diare, sakit perut, muntah dan kadang-kadang demam, gejala lainnya seperti rasa mual. Lemah dehidrasi, jika terjadi dehidrasi pada anak kecil dan bayi dapat mengakibatkan kematian.

Melalui seksi Pengendalian Risiko Lingkungan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak telah melakukan kegiatan rutin pengawasan kualitas air bersih, makanan dan limbah dengan mengambil beberapa sampel air bersih, makanan dan limbah. Sampel diambil dari beberapa sumber seperti tempat pengolahan makanan (TPM), reservoir, hydran serta outlet limbah pelabuhan untuk diperiksa kualitasnya secara fisik, kimia dan bekteriologis, sedang air limbah dilakukan pemeriksaan BOD dan COD.

Selanjutnya dilakukan analisis hasil pengujian, untuk hasil pengujian sampel yang tidak memenuhi syarat kesehatan diberikan pembinaan dan rekomendasi terhadap pengelola atau penanggung jawab TPM, dan pengelola air bersih di wilayah pelabuhan untuk melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga tidak meniimbulkan masalah kesehatan yang diakibatkan oleh air, makanan dan limbah di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar