Kamis, 30 September 2010

KEGIATAN PENGENDALIAN RISIKO LINGKUNGAN DALAM RANGKA POSKO ARUS MUDIK LEBARAN TAHUN 2010



Mudik lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat indonesia terutama masyarakat beragama islam untuk melakukan perjalanan ke daerah asal untuk merayakan hari raya Idul Fitri. KKP sebagai unit pelaksana teknis Dirjen PP&PL Kementerian Kesehatan mempunyai tupoksi melaksanakan pencegahan masuk keluarnya penyakit Karantina & penyakit menular potensi wabah, kekarantinaan, pelayanan kesehatan terbatas diwilayah pelabuhan serta pengendalian dampak kesehatan lingkungan. Berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal PP – PL No. PM.02.02/D/II.2/1054/2010 tanggal 20 Juli 2010 tentang Persiapan Kesehatan Situasi Khusus Mudik Lebaran Tahun 2010, maka Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak membuka Pos Pelayanan Kesehatan Terbatas Arus Mudik Balik Lebaran Tahun 2010. Posko pelabuhan Pontianak di mulai dari H -14 sampai dengan H + 14.

Melalui seksi Pengendalian Risiko Lingkungan KKP Pontianak, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pemasangan perangkap tikus, fogging dan abatisasi sebelum posko dibuka, serta pengawasan&pemeriksaan sanitasi alat angkut, pengawasan&pemeriksaan tempat-tempat umum/TTU di pelabuhan Dwikora Pontianak dan Pelabuhan Seng Hie Pontianak, pengawasan&pemeriksaan Tempat Pengolahan Makanan/TPM, pengambilan&pemeriksaan sampel makanan dan minuman dilaksanakan pada saat pelaksanaan posko arus mudik lebaran dari tanggal 26 Agustus hingga 26 september 2010.

Jumlah kapal yang diperiksa selama posko berjumlah 65 kapal, jumlah TPM yang diperiksa sebanyak 43 buah. Jumlah sampel makanan dan minuman yang diambil sebanyak 52 buah, dilakukan pemeriksaan secara organoleptik dan kimia menggunakan food poison detection kit untuk makanan. Sampel makanan diambil dari TPM dan Kapal Penumpang sedangkan parameter pH, sisa chlor untuk pemeriksaan air bersih. Dari hasil kegiatan pengendalian resiko lingkungan selama posko arus mudik lebaran tahun 2010 diketahui sebagian sarana dan fasilitas sanitasi di lingkungan pelabuhan Pontianak dalam keadaan baik dengan tingkat faktor resiko yang rendah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar